psikosomatik

psikosomatik

Sabtu, 31 Maret 2018

Empat Pilar Hidup Sehat



Siapa yang tidak ingin SEHAT? Rasanya semua ingin sehat. Saya bisa mengatakan bahwa kesehatan adalah harta terbesar yang dimiliki oleh manusia. Jika kita sehat kita bisa melakukan apapun. Bayangkan diri kita mempunyai banyak harta tetapi tidak punya kesehatan, maka akan percuma tentunya.
Sayangnya tidak semua orang memiliki komitmen untuk menjaga kesehatan. Salah satunya karena kebiasaan yang tidak dibentuk. Orang kecenderungan akan membuat hidupnya lebih mudah tapi kondisi saat ini sering kali membuat kemudahan tersebut malah menjauhkan diri kita dari kesehatan, salah satunya dari gadget yang kita miliki.
Pada kesempatan ini saya ingin sedikit berbagi tentang bagaimana agar sehat fisik dan psikis yang bisa dilihat dari empat pilar hidup sehat ini.

1. Diet Yang Benar 
Diet bukan selalu berarti mengurangi makanan. Jika tubuh kita sudah ideal dalam artian Indeks Massa Tubuhnya sudah normal (Indeks Massa Tubuh didapatkan dari hasil pembagian antara berat badan (dalam kilogram) dengan tinggi badan (dalam meter) kuadrat dan hasilnya antara 18,5 s.d. 22,9), maka yang paling penting adalah menjaganya agar tetap ideal.
Kebanyakan dari kita kesulitan menjaga berat badan ideal setelah usia tertentu, misalnya kebanyakan laki-laki di usia di atas 30-an sering lebih gemuk daripada saat dia lebih muda.
Salah satu diet yang baik bisa dimulai dengan mengurangi asupan kalori berlebihan, kurangi makanan yang mengandung gula pasir dan garam serta kurangi makanan yang digoreng.

2. Tidur Yang Baik
Tidur yang baik adalah salah satu upaya menjaga kesehatan. Sering kali kita mengabaikan pola tidur teratur dan membiarkan tubuh kita tidak berisitirahat optimal. Salah satu masalah yang sering disepelakan adalah tidur sesukanya dengan jam yang tidak teratur.
Tidur sebaiknya berkisar antara 6-8 jam dengan kualitas yang baik dan kemampuan untuk jatuh tertidur kurang dari 30 menit. Biasakan tidur sebelum jam 12 malam dan bangun di waktu yang sama.
Salah satu hal yang menunjukkan jam biologis tubuh kita baik adalah kita bisa bangun tidur di jam yang kira-kira sama setiap harinya tanpa alarm.

3. Aktifitas Fisik Yang Baik
Melakukan olahraga teratur mungkin buat sebagian orang sulit dilakukan, tetapi melakukan aktifitas fisik yang baik perlu dilakukan agar tubuh terbiasa untuk bergerak. Pola kerja saat ini yang banyak duduk sebenarnya merugikan secara kesehatan. Lakukan aktifitas fisik yang teratur, misalnya dengan berjalan kaki ke mana pun di sekitar tempat kerja anda. Bisa melakukan 10 ribu langkah per hari adalah aktifitas minimal yang dilakukan.
Latihan bisa ditambah dengan "resistance training" seperti plank (20-60 detik di ulang kembali setelah istirahat 20 detik sampai mampu), squat, atau lunges. Bisa dilakukan saat di kantor juga kan ? :)

4. Relaksasi 
Berikan waktu barang sejenak untuk pikiran kita berisitirahat. Perlu waktu sekitar 10-30 menit sehari melepaskan diri dari gadget dan rutinitas kita untuk "time out". Bisa dengan meditasi, relaksasi atau hanya memandang air (jikalau bisa di aquarium, kolam atau sekedar air di gelas kita).
Cara ini bisa membuat kita lebih relaks dan lebih baik lagi dalam menata pikiran yang sering kali tercampur aduk berbagai kepentingan.

Semoga tips sederhana di atas bisa membantu kita agar lebih sehat lagi ke depannya.

Tidak ada komentar: