psikosomatik

psikosomatik

Kamis, 15 Maret 2018

Belajar dan Belajar

Saya selalu mencoba menyempatkan diri untuk selalu memperbaharui keilmuan saya di bidang psikiatri setiap tahunnya. Kali ini di awal tahun 2018 saya berkesempatan diundang untuk mengikuti Asia Pacific Master Class in Depression di Bangkok. Saya berharap bisa bertemu dengan banyak ilmu baru di sana dan harapan saya tentunya agar ilmu ini bisa membawa manfaat buat pasien-pasien saya di klinik.
Tentunya pergi meninggalkan praktek dan keluarga bukan perkara mudah. Praktek tentunya akan cuti dan pasien-pasien yang tidak biasa melihat pengumuman di blog atau medsos saya dan juga tidak menelpon RS sebelum datang biasanya baru tahu saya cuti setelah datang ke Omni Hospital Alam Sutera. Antrian panjang sesudah cuti juga terkadang menjadi kendala karena semua ingin dilayani di hari pertama praktek. Sayangnya memang kapasitas terbatas dan paling banyak saya melayani 30 pasien per hari.
Keluarga ditinggalkan juga sekarang menyimpan kerinduan sendiri saat sendirian di kamar hotel tempat acar berlangsung. Untunglah teknologi saat ini sudah baik sekali, saya membayangkan dulu menanti telepon istri saat saya pertama kali ke Amerika Serikat di tahun 2010. Waktu itu lebih murah menelpon dari Indonesia ke Amerika Serikat daripada sebaliknya, belum perbedaan waktu 12 jam yang membuat rada kesulitan mengatur waktu.
Namun dari semuanya, saya bersyukur masih diberikan kesempatan belajar untuk memperbaharui ilmu. Harapannya agar lebih baik lagi melayani. Semoga perjalanan ini membawa manfaat. Sampai ketemu di Live FB Bincang Sehat Bersama Dokter Andri Psikiater di FB saya Dokter Andri Psikiater, langsung dari Bangkok. Salam Sehat Jiwa

Tidak ada komentar: