Selasa, 17 Mei 2011

Apakah Antidepresan itu obat Keras ?

Pertanyaan :
Kamaren aku sakit mual + pusing beberapa hari,, terus ke dokter pas dokternya tau aku under Cipralex (obat antidepresan), kenapa kok bilangnya Cipralex itu obat keras ya? Emang Cipralex itu obat keras dan bisa merusak ginjal apa? Kok setau ku enggak?

Jawaban :
Mual2nya ke dokter apa ? Kalau bukan dokter psikiater, sangat dimaklumi mereka mengatakan kalau semua obat antidepresan, antipsikotik dan anticemas adalah obat keras, artinya karena mereka tidak mengetahui secara langsung cara penggunaannya dan kalau dokter yang memang mengetahui kompetensi dirinya tidak akan berani meresepkan.
Dexamethason yang biasa diresepkan untuk pasien2 dokter umum juga merupakan obat keras buat ibu hamil dan beberapa pasien tertentu. Obat antidiabetes, kalau diberikan secara salah dan membuat koma hipoglikemia juga bisa menjadi obat keras. Mungkin yang dimaksud si dokter adalah bahwa obat2 psikiatri kebanyakan memang masuk golongan G, maka dari itu tidak boleh sembarangan dipakai. Ini anehnya obat penenang seperti XANAX (Alprazolam) aja lebih banyak digunakan oleh dokter umum dan spesialis lain dalam bentuk racikan, bahkan data penelitian mengatakan bahwa 80% peresep Alprazolam dan golongan benzodiazepin lain adalah dokter umum/spesialis non psikiatri padahal jelas2 obat ini masuk dalam daftar G dan dikenal sebagai obat golongan Psikotropika yang perlu pengawasan ahli dalam pengobatannya.
Tidak heran dalam praktek saya sering menemukan pasien2 yang ketergantungan Xanax, Alfanax, Zypraz, Alviz adalah pasien2 yang pertama kali mendapatkan resep ini dari dokter2 umum atau dokter spesialis non-psikiatri sampai bertahun2.
JAdi seharusnya memang seorang dokter harus bener2 mengetahui apa yang dia bicarakan, jangan sembarangan bilang obat keras kalau tidak mengerti.
Saat ini pasien sudah sangat pintar, banyak informasi yang bisa didapatkan dari media internet tentang informasi obat, kalau pengen yang terpercaya silahkan buka website resmi FDA.
Semoga bermanfaat informasi ini

Andri,dr,SpKJ
Psychosomatic Medicine Specialist
mbahndi@yahoo.com

1 komentar:

Fani Ramansyah mengatakan...

Mr. Adp D2395226 mampir bos. ready antidepresan. untuk menu dan harga silahkan invit pin bbm.thx