psikosomatik

psikosomatik

Rabu, 11 Mei 2011

Agorafobia ? Apakah Gangguan Panik ?

Salam Kenal Pak Dokter…

Dengan menemukan artikel Bpk dibeberapa situs yang telah saya baca, akhirnya saya mengetahui bahwa saya ini mengalami “Agorafobia”, sebelumnya saya pernah ikut Hipnosis tapi tidak maksimal utk membantu proses penyembuhan saya.
Dalam kesempatan ini saya ingin menanyakan kepada Pak Dokter, apakah Agorafobia yg saya alami bisa disembuhkan. Karena saya merasa sangat dirugikan sejak mengalami penyakit tersebut. Saya tidak bisa beraktifitas secara maksimal karena selalu merasa cemas untuk melakukan kegiatan. Apalagi merasa takut menghadapi kemacetan dan tidak bisa berjalan sendirian.
Mohon infonya Pak…
Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih…

Jawaban :
Agorafobia biasanya tidak berdiri sendiri pak, dia biasanya “nempel” dengan gangguan cemas panik. Artinya ketika bapak mengalami gangguan cemas panik, bapak merasa takut untuk keluar rumah dan berada di tempat ramai sendirian kalau gak ada yang nemenin. Hal ini disebabkan karena bapak taku kalau-kalau serangan panik datang tidak ada orang yang kenal dan bisa membantu. Tidak heran orang yang mengalami gangguan panik sering tidak mau pergi ke luar rumah sendirian.
Jadi saran saya obatin dulu ganguan cemas paniknya pak, biasanya waktu yang dibutuhkan sekitar 3 bulan dengan obat dan psikoterapi terutam,a psikoedukasi, bapak akan bisa merasakan kebaikan. Sukes terapinya ya

Salam Sehat Jiwa,

dr. Andri,SpKJ

Psychosomatic Medicine Specialist
mbahndi@yahoo.com

Tidak ada komentar: