psikosomatik

psikosomatik

Minggu, 27 Mei 2018

Tidur Siang Cukup 10-20 Menit !

Image result for taking nap
Tidur Siang di Kantor (gambar diambil dari https://michaelhyatt.com/why-you-should-take-a-nap-every-day/ )

Kalau anda punya waktu untuk istirahat siang dan bisa sekejap tidur siang maka lakukanlah itu karena itu sangat baik untuk kesehatan fisik dan jiwa anda. Biasanya kita akan makan siang di sekitar jam 12-13, lalu setelah itu kita melanjutkan kerja. Namun jika anda punya waktu sekejap untuk tertidur maka tidurlah walaupun hanya sebentar, yaitu sekitar antara 10-20 menit. Hal ini dikarenakan tidur yang sebentar itu akan meningkatkan konsentrasi dan vitalitas anda yang mulai menurun di sore hari.

Kapan waktu tidur siang yang baik?
Ada salah satu penelitian yang mengatakan sebaiknya paling baik di antara jam 14.00-15.00, salah satu penelitian yang lain mengatakan 7 jam setelah anda bangun. Lalu bagaimana supaya bisa tidur dengan baik? Sediakan earplug atau pasanglah earphone anda, matikan handphone dan pasang reminder atau timer 25 menit. Ini dikarenakan biasanya orang butuh sekitar 5-7 menit untuk jatuh terlelap jadi tidur kita akan berkisar di antara 10-20 menit tadi, kalau memang "perlu sekali" boleh bawa penutup mata dan bantal leher.

Bolehkah Tidur Lebih Lama?
Beberapa penelitian tidur mengatakan ketika kita tidur kurang dari 5 menit maka hasilnya tidak akan bermanfaat dan jika lebih dari 30 menit sampai 1 jam 30 menit malahan kita bangun dengan kondisi yang tidak nyaman "drowsy" dan sepertinya malah semakin sulit berkonsentrasi. Jadi tidur siang sekitar 10-20 menit di antara jam 14.00-15.00 adalah hal yang sangat bermanfaat dan sudah dibuktikan di berbagai penelitian. Silahkan coba dan buktikan sendiri. Salam Sehat Jiwa

Tidak ada komentar: