psikosomatik

psikosomatik

Kamis, 09 Juli 2015

Mewakili Psikiater Indonesia di Tingkat Internasional

Oleh : dr.Andri,SpKJ,FAPM

Tanggal 18 Agustus 2015 saya akan bertolak ke Glasgow untuk memenuhi undangan menjadi pembicara di World Congress of Psychosomatic Medicine di sana. Kesempatan menjadi pembicara ini ditawarkan oleh panitia kongres pada bulan Januari 2015. Sepulang dari Amerika Serikat mengikuti Academy of Psychosomatic Medicine pada bulan November 2014 tawaran menjadi pembicara pertama datang dari World Psychiatric Association (WPA) Regional Meeting di Osaka, Jepang. Selanjutnya tawaran menjadi pembicara di tingkat internasional datang dari International College of Psychosomatic Medicine (ICPM).
Saya sangat menyambut dengan semangat dan rasa gembira tawaran menjadi pembicara Internasional ini. Salah satu impian saya sejak pertama berkarier sebagai dosen dan psikiater klinis adalah suatu saat menjadi pembicara tingkat Internasional. Sejak tahun 2009 saya sudah mulai aktif mengirimkan abstrak untuk kegiatan-kegiatan kongres psikiatri tingkat internasional dan mulai bisa menampilkan poster atau bicara di oral presentation (free paper session) di kongres internasional tersebut. Namun kesempatan untuk berbicara di sesi simposium utama belum datang juga. Tahun 2015 ini pertama kali saya diundang menjadi pembicara simposium bahkan di Osaka yang baru lalu saya berbicara di dua simposium berbeda.
Harapan saya sebenarnya adalah kegiatan ini dapat menginspirasi dokter-dokter Indonesia dan khususnya mahasiswa saya agar bisa lebih berbuat nantinya untuk kemajuan kedokteran Indonesia. Khususnya untuk rekan dokter, tentunya merupakan suatu keniscayaan buat kita dokter Indonesia ikut berkiprah di tingkat Internasional. Mohon doa dari para pembaca sekalian. Semoga saya bisa membawa nama Indonesia ke tingkat yang lebih baik di bidang kedokteran khususnya ilmu kedokteran jiwa. Salam Sehat Jiwa






Tidak ada komentar: