psikosomatik

psikosomatik

Minggu, 23 Desember 2012

Catatan Akhir Tahun : Menjadi Orang Yang Lebih Baik

Oleh : dr.Andri,SpKJ
Psikiater Psikosomatik Medis (Psychosomatician)

Tahun 2013 hampir dijelang dan apa yang terjadi pada tahun 2012 akan menjadi masa lalu. Mau tidak mau apa yang telah terjadi di tahun 2012 harus kita terima sebagai bagian dari masa lalu. Masa lalu yang mudah-mudahan mempunyai makna dalam perjalanan kita sebagai manusia. Sebenarnya jika kita mau jujur, maka peristiwa baik yang menggembirakan atau menyedihkan adalah bagian dari hal yang membuat kita menjadi lebih baik. Membuat kita menjadi apa sekarang. Menjadikan kita berbeda satu dengan yang lain.
Bicara kaitannya dengan kasus-kasus psikosomatik yang saya tangani, perubahan adalah inti dari upaya memperbaiki kondisi ini. Pasien psikosomatik harus mengubah dirinya. Salah satunya dengan menyadari dirinya dan mau berobat kepada psikiater. Tidak mau atau enggan mengubah diri membuat pasien terus terjebak dalam gangguan sakit yang tidak kunjung sembuh. Motivasi untuk berubah itu harus ada.
Tidak heran saya banyak menemukan beberapa pasien yang datang dari berbagai daerah di Indonesia dan bukan hanya di sekitar Jabodetabek saja. Ada pasien yang datang dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Palembang, Sulawesi sampai Kalimantan. Semua berharap kesembuhan dari sakitnya. Untuk mencapai itu setidaknya orang tersebut harus bergerak.
Saya berharap kenangan manis dan pahit di tahun 2012 akan menjadikan kita orang yang lebih baik ke depan. Semoga apa yang telah kita upayakan demi kebahagiaan kita bisa terwujud dengan baik.
Hidup ini harus berjuang dan tidak ada perjuangan yang sia-sia.

Selamat Hari Natal 2012
dan
Tahun Baru 2013


Tidak ada komentar: