psikosomatik

psikosomatik

Senin, 05 Desember 2011

Seminar Psikosomatik di Kota Ambon Manise


Saat presentasi dengan topik "Gangguan Psikosomatik : Dasar dan Tatalaksana di Pelayanan Primer" (dok.pribadi)


Seminar Psikosomatik di Kota Ambon Manise
Oleh : Dr.Andri,SpKJ

Setelah sebelumnya direncanakan tanggal 1 Oktober 2011 namun akhirnya tertunda karena terjadi konflik insiden di Ambon, maka akhirnya hari ini (3 Des 2011) bertempat di Hotel Aston Natsepa, Ambon diselenggarakan Seminar Psikosomatik dengan tema “Pengenalan dan Penatalaksanaan Gangguan Psikosomatik”. Acara ini diprakarsai oleh RSKD Ambon dibawah pimpinan Dr.David Santoso,SpKJ,MARS dan bekerja sama dengan IDI Wilayah Maluku dan PDSKJI Cab Makassar. Acara ini diketuai oleh dr.Carolus Juliana Lenora Louise.
Acara yang berlangsung dari pagi hari sampai sore ini menampilkan berbagai tema dan pembicara dari beragam latar belakang spesialisasi. Acara dibuka oleh pembacaan sambutan walikota Kotamadya Ambon Bpk. Richard Louhenapessy,SH. Setelah pembukaan acara kemudian selanjutnya acara dimulai dengan sesi pertama yang menampilkan dua pembicara. Sesi ini dimoderatori oleh Dr.David Santoso,SpKJ,MARS yang memberikan kesempatan kepada Prof.dr.Jayalangkara,PhD,SpKJ(K) yang berbicara tentang Psikosomatik ditinjau dari Psikiatri Biologi. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pembicara kedua dr.Wempy Thiorits,SpKJ(K) yang mengungkapan pengalaman dalam penatalaksanaan pasien dengan gangguan psikosomatik.
Pembicara selanjutnya adalah tentang “Reaksi Psikologis Pada Pasien Anak” yang dibawakan oleh dr.Vivayanty H,SpA,MARS dan dilanjutkan presentasi dari dr.Adelin S,SpKJ(K) yang mengemukakan presentasi tentang Psikosomatik pada Anak dan Remaja.
Setelah makan siang acara selanjutnya dilanjutkan dengan presentasi dari dr.Maxi Mangundap,SpPD,LetKol yang berbicara tentang Reaksi Psikologis pada Gastritis. Nyeri kepala tipe tegang selanjutnya diberikan oleh dr.Samuel Wagiu,SpS dan Psikoseksual dibahas oleh dr. J.Tomarius,SpKJ. Presentasi ditutup oleh presentasi saya sendiri tentang Pengenalan dan Penatalaksanaan Psikosomatik Terkini berdasarkan Academy of Psychosomatic Medicine.
Acara ini berlangsung sukses dengan melibatkan lebih dari 200 peserta dari berbagai daerah di sekitar Ambon, Sulawesi dan Jawa. Acara ini juga mendapatkan dukungan dari Perusahaan MersiFarma yang turut membantu kelancara acara. Pada sambutannya ketua panitia dr.Carolus mengatakan bahwa acara ini adalah acara terbesar pertama yang dilakukan di Ambon dalam artian juga mengundang berbagai macam pembicara dari berbagai daerah dan latar belakang. Hal ini juga sebagai suatu cara untuk menunjukkan bahwa Ambon aman dan apa yang terjadi beberapa waktu lalu adalah letupan kecil hasil buah karya provokator bukan hasil dari konflik pada masyarakat Ambon sendiri.
Semoga seminar psikosomatik ini mampu menjadikan suatu tonggak pertama pelayanan kesehatan jiwa yang lebih menyentuh aspek biopsikosial.

Tidak ada komentar: