psikosomatik

psikosomatik

Rabu, 28 Desember 2011

Catatan Akhir Tahun Psikosomatik


Oleh : Dr.Andri,SpKJ
Psikiater Bidang Psikosomatik Medis

Seperti yang telah dicanangkan pada akhir tahun 2010, tahun 2011 akan menjadi tahun pendidikan Psikosomatik bagi saya. Di tahun 2011 saya berencana untuk semakin mengembangkan kesadaran masyarakat dan profesi di bidang kedokteran tentang apa itu Psikosomatik dan hubungannya dengan bidang ilmu kedokteran jiwa.
1325137396279429152
Saat menjadi pembicara di FK UGM di hadapan para calon spesialis (dokpribadi)
Bermula dari proposal yang saya ajukan ke American Psychosomatic Society di Amerika Serikat, maka pada tahun 2011 akhirnya FK UKRIDA menjadi Fakultas Kedokteran pertama di Indonesia dan Asia Tenggara yang mendapatkan bantuan dana dan bimbingan untuk pelaksanaan Psychosomatic Medicine Interest group di FK UKRIDA.
Selanjutnya pada bulan Mei 2011 saya diberikan kesempatan untuk menjadi Konsultan Kesehatan Jiwa di Kompas.com. Kepercayaan ini tentunya tidak saya sia-siakan untuk terus menyebarkan kesadaran kepada masyarakat bahwa gangguan jiwa adalah sesuatu yang lumrah dan bisa mengenai siapa saja dari berbagai golongan, tua muda serta miskin maupun kaya.
Pendidikan berkelanjutan bagi dokter umum dan peserta didik spesialis kedokteran jiwa adalah salah satu hal yang sangat penting. Hal ini yang mendorong saya melakukan kunjungan kuliah tamu atas undangan atau inisiatif  sendiri ke Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada. Tahun 2011, selain Departemen Psikiatri FK UGM, ada juga Departemen Kedokteran Keluarga yang mengundang saya untuk bicara tentang psikosomatik bagi dokter keluarga.
1325137542506500878
Menjadi pembicara di seminar Psikosomatik di Ambon, Desember 2011 (dokpribadi)
13251374681998626541
Menjadi pembicara di Pertemuan Ilmiah Dua Tahunan Psikiater Indonesia, Bandung Juli 2011 (dokpanitia)
Di tahun 2011 juga saya mendapatkan kesempatan untuk berbicara di depan kongres Pertemuan Ilmiah Dua Tahunan Psikiater se-Indonesia pada bulan Juli 2011. Pada kesempatan ini saya berbicara tentang Gangguan Psikiatrik pada Trauma Kepala. Selain kongres nasional, banyak juga kongres dan pertemuan lokal yang diikuti berkaitan dengan topik kesehatan jiwa.
Selain aktif menyebarkan ilmu kedokteran jiwa khususnya di bidang psikosomatik kepada para profesional seperti mahasiswa kedokteran dan dokter umum/spesialis, saya juga banyak diberikan kesempatan menjadi narasumber di berbagai media baik cetak maupun televisi. Hal ini tentunya membuat akses penyebaran informasi psikiatri dan kesehatan jiwa juga semakin luas.
Semoga di tahun-tahun yang akan datang, apa yang telah dilakukan di tahun 2011 dapat terus dilanjutkan ke tahun-tahun yang akan datang.
Salam Sehat Jiwa 

Tidak ada komentar: