psikosomatik

psikosomatik

Kamis, 07 April 2011

Makanan Yang Bisa Mengurangi STRESS

Kalau kemarin-kemarin saya banyak membahas tentang bahaya obat anticemas alprazolam yang seringkali digunakan berlebihan untuk menangani gangguan panik, sekarang saya ingin bercerita sedikit tentang suatu zat di dalam tubuh kita yang disebut SEROTONIN, suatu neurotransmiter (zat penghubung) di otak yang bertanggung jawab terhadap timbulnya gangguan depresi dan kecemasan (termasuk di dalamnya gangguan cemas panik).
Serotonin diproduksi di dalam tubuh lewat pembentuknya yaitu suatu asam amino (protein) yang disebut Tryptophan. Dalam bentuk Serotonin sendiri, kita tidak bisa menemukannya di dalam makanan yang kita makan sehari-hari. Kita bisa mendapatkan Serotonin ini lewat bahan bakunya yaitu asam amino Tryptophan. Untuk itulah diet makanan yang mengandung Tryptophan bisa dilakukan dalam pendampingan kita berobat untuk gangguan panik.
Makanan yang dimaksud adalah telur, ayam dan itik, kalkun, wholegrain, oat, kacang-kacangan (termasuk kacang merah), sayuran hijau, pisang, strawberry. Makanan ini tentunya mudah ditemukan di kehidupan sehari-hari.
Selain pemenuhan Tryptophan, kita juga bisa menambahkan diet Asam Folat kepada menu yang kita makan karena hal ini juga membantu dalam proses pembentukan Serotonin. Asam folat sendiri adalah suatu zat yang dapat melewati sawar darah otak (blood brain barrier). Asam folat banyak ditemukan di sayuran hijau seperti brokoli dan juga bisa didapatkan sebagai suplementasi dengan dosis 400-1000 microgram.
Jadi selain anda makan obat antidepresan untuk mengobati depresi dan kecemasan anda, ada baiknya juga anda memperhatikan pola makan anda.
Semoga bermanfaat

Salam,
dr.Andri,SpKJ
Psychosomatic Medicine Specialist
mbahndi@yahoo.com

Tidak ada komentar: