psikosomatik

psikosomatik

Sabtu, 14 Juli 2018

Tips Agar Mampu Bekerja Keras dan Pintar



Salah satu buku yang baru-baru saja saya baca belakangan ini adalah berjudul "Deep Work". Buku ini mengajarkan kepada saya tentang bagaimana agar bisa bekerja keras dan bekerja pintar di jaman yang penuh tantangan dan gangguan ini.
Awalnya saya membaca buku ini adalah karena saya mencari tentang bagaimana agar bisa mengurangi keterlibatan di dalam media sosial agar punya lebih banyak waktu untuk melakukan sesuatu berkaitan dengan bidang saya.
Beberapa poin utama yang saya rangkum dalam salah satu bab tentang bagaimana kita bisa mengerjakan suatu tugas penting yang saat itu harus diselesaikan segera adalah sebagai berikut :

1. Menempatkan waktu minimal sehari semalam untuk kerja keras di hal yang ingin kita selesaikan
Banyak di antara kita mungkin melakukan pekerjaan sambil lalu. Ada karena saking banyaknya tugas yang dia harus lakukan, dia sendiri bingung menentukan prioritas yang mana yang dulu harus dikerjakan. Kerjakan yang paling penting dan paling harus segera dilakukan. Sediakan waktu khusus untuk melakukan hal tersebut tanpa melakukan hal lain termasuk membuka media sosial. Jika sehari semalam tidak cukup mungkin bisa sampai dua atau tiga hari.

2. Di luar waktu yang kita khususkan tersebut, kita tetap melakukan kegiatan kita sehari-hari yang rutin kita lakukan.
Membagi waktu untuk melakukan sesuatu secara mendalam memang disarankan tapi jangan lupa untuk melakukan aktifitas sehari-hari di luar waktu khusus yang telah kita sediakan untuk itu.

3. Jangan lupa untuk tetap bersosialisasi untuk menstimulasi pikiran dan ide untuk berkembang.
Bersosialisasi secara langsung (bukan dengan media sosial) sangatlah penting untuk bertukar ide dan mengembangkan ide yang mungkin kita dapatkan saat bersama teman dan saudara kita.

Demikian poin yang saya dapatkan dari salah satu chapter di buku Deep Work ini. Semoga bermanfaat. Salam Sehat Jiwa