Selasa, 25 Juni 2013

Pergi Ke Jepang Sendirian

Tanggal 5 Juli 2013 sampai dengan 7 Juli 2013 saya akan berada di Osaka dan Kobe, Jepang untuk menghadiri International Meeting of Central Nervous System (CNS). Acara yang akan membahas berbagai macam jenis gangguan jiwa ini akan berlangsung selama dua hari di Kobe International Convention Center. Sayangnya saya akan menghadiri acara ini sendirian saja karena delegasi dari Indonesia yang mendapatkan sponsor untuk acara ini hanya saya sendiri. Walaupun sudah biasa ke Amerika Serikat sendiri, rasanya memang sering kali saya berpikir ada enaknya juga pergi bersama teman-teman yang lain.

Sendiri Lebih Fokus
Sebenarnya ada beberapa keuntungan dari sendirian pergi ke kongres-kongres psikiatri di luar negeri. Salah satu contohnya jika ke Amerika Serikat saya akan merasakan lebih fokus belajar dibandingkan mungkin jika bersama teman-teman yang lain. Acara Academy of Psychosomatic Medicine dan American Psychosomatic Society yang biasa saya ikuti memang biasanya berlangsung di kota-kota yang tidak terlalu ramai ataupun jika disebut kota besar tidak seramai New York atau Los Angeles yang sering kita lihat keramaiannya di film-film Hollywood. Jadi attraction yang ada di kota penyelenggara kongres ini juga tidak terlalu banyak dan biasanya tidak menarik untuk didatangi.
Waktu 2010 saya ke Portland, yang saya kunjungi hanya museum ilmu pengetahuan untuk anak-anak sekolah dasar dan pabrik sepatu DocMarten yang juga tutup saat saya kunjungi. Untuk terbang ke kota lain di dekat tempat kongres memang saya tidak lakukan karena keterbatasan waktu. Jadi biasanya memang hanya fokus di kongres dan berkunjung di sekitar kota penyelenggara.
Saat 2012 ke Atlanta, attraction di kota ini memang lebih banyak. Ada markas kantor berita CNN, museum Coca Cola dan Atlanta Aquarium yang terkenal. Lumayan bisa mengunjungi tempat-tempat tersebut setelah kongres yang melelahkan.
Mungkin akan sedikit berbeda jika saya punya teman seperjalanan yang akan membuat saya lebih berani ke mana-mana sendirian di luar negeri.

Kongres Spesifik 
Saya memang sengaja memfokuskan menghadiri kongres-kongres yang mendukung karier saya dalam menangani kasus-kasus psikiatri psikosomatik di klinik. Sehingga sejak tahun 2007 saya bergabung dengan American Psychosomatic Society dan juga Academy of Psychosomatic Medicine. Kedua organisasi tingak Amerika Serikat ini sudah dikenal sebagai salah satu pioneer di bidang Psychosomatic Medicine.
Peserta yang hadir dalam kongres kedua organisasi ini juga sangat terbatas kalangannya, biasanya psikiater ataupun ahli yang benar-benar meminati psikosomatik medis saja. Apalagi Academy of Psychosomatic Medicine yang anggotanya adalah khususnya psikiater.
Jumlah peserta biasanya berkisar 500-600 saja dan ini akan sangat berbeda dengan kongres Internasional lainnya yang biasanya berjumlah 3000-5000 peserta. Dengan jumlah peserta yang sedikit sebenarnya interaksi antar peserta akan baik, diskusi akan berjalan lebih baik dan konsentrasi peserta juga lebih fokus karena kondisinya mendukung untuk belajar.

Saya berharap kepergian saya ke kongres-kongres ini akan membuat kemampuan saya semakin meningkat khususnya untuk masalah psikosomatik medis. Berharap bahwa apa yang didapatkan akan berguna juga untuk pasien-pasien saya nantinya. Doakan saya agar selalu bisa mengikuti semua kongres dengan baik. Salam Sehat Jiwa


3 komentar:

Rony Doang mengatakan...

dukungan selalu dari saya dok..cuman ajak lah minimal satu psikiater yg dari padang dok..hehehe..biar saya ga ketergantungan benzo lagi..
salam sehat jiwa dok

Dr.Andri,SpKJ mengatakan...

Hehehe...ketergantungan atau saat ini masih membutuhkan? Memang perlu untuk diselidiki lebih lanjut. Coba ke Bukit Tinggi, ada dr.Rudi Indrawan di sana

Rony Doang mengatakan...

kayaknya lebih ke masih membutuhkan dech dok..soalnya aturan minumnya 2x sehari saya bikin sekali sehari aja di pagi hari dok udah bisa antarkan saya hidup hingga besok paginya lagi dok..okey dok saya meluncur ke dr Rudi Indrawan dok..