Senin, 05 November 2012

Berapakah Tarif Psikiater ?


Banyak pembaca blog saya menanyakan berapakah tarif seorang psikiater saat melakukan konsultasi kepada pasien. Kebanyakan mengira kalau tarif Psikiater di Indonesia dihitung perjam dan tarifnya mahal. Sampai saat ini memang standar tarif jasa medis dokter jiwa alias Psikiater belum diatur oleh organisasi perhimpunan psikiater Indonesia, ini mungkin disebabkan karena kebijakan tarif biasanya mengikuti Rumah Sakit tempat si psikiater bekerja. Itu pun masih bisa dibagi lagi menjadi tarif swasta dan tarif negeri (dilihat dari RS-nya). Tarif RS swasta pun bisa berbeda tergantung Rumah Sakit-nya. Saya pernah bekerja di suatu Rumah Sakit yang mengharuskan semua dokter yang bekerja di sana bertarif sama yaitu Rp.90 ribu. Saat itu saya pernah merasa kebijakan itu adalah tidak adil karena saya biasanya menghabiskan waktu minimal 30 menit saat konsultasi sedangkan dokter spesialis lain biasanya cukup 10-15 menit saja. Pikir-pikir harusnya jasa medis saya sekitar 2x lipat atau setidaknya 1,5 kali lipat dari tarif dokter lain. Tapi apa daya kebijakan RS tidak bisa diganggu gugat.
Tarif jasa psikiater di kebanyakan Rumah Sakit swasta di Indonesia saat ini kebanyakan berkisar antara Rp.100 ribu s.d Rp. 350 ribu tergantung dari “kelas” Rumah Sakit tempat psikiater bekerja. Tarif demikian pun biasanya tidak otomatis menjamin waktu konsultasi yang sama. Ada beberapa psikiater yang sangat ramai pasiennya sehingga paling lama beliau hanya sanggup berbicara dengan pasien paling lama 15 menit. Namun rata-rata kebanyakan psikiater melakukan konsultasi dengan pasien antara 30-60 menit. Beberapa konsultan atau psikiater dengan kekhususan bisa mempunyai tarif jasa konsultasi yang lebih mahal sekitar Rp.200 ribu s.d. Rp. 500 ribu tergantung RS tempatnya bekerja.
Tarif jasa medis konsultasi psikiater sebenarnya relatif murah karena ada beberapa hipnoterapist yang bukan berlatar belakang dokter pun memiliki tarif jasa antara 500 ribu sampai 1 juta rupiah per sesi (paling lama 1 jam). Bahkan pengobatan alternatif sekalipun bisa berjasa lebih dari 500 ribu sekali datang di luar obat-obat herbal yang biasanya disertakan.
Dibandingkan dengan tarif jasa psikiater di Amerika dan Australia bahkan negara tetangga seperti Singapura sekalipun, jasa psikiater di Indonesia cukup murah. Di Amerika jasa psikiater perjam berkisar antara 150 s.d. 250 USD begitu juga di Australia berkisar antara 150 s.d. 250 AUSD. Negara tetangga Singapura berkisar antara 100-200 Singapore Dollar perkonsultasi (biasanya tidak ada psikoterapi karena kendala bahasa).
Semoga informasi tentang tarif ini berguna buat pembaca. Salam Sehat Jiwa.

Tidak ada komentar: