Sabtu, 13 Oktober 2012

Cemas,Depresi dan Psikosomatik Itu Bisa Terjadi Pada Anda !

Oleh : dr.Andri,SpKJ (Psikiater di Klinik Psikosomatik RS OMNI Alam Sutera)

Apakah anda pernah merasa cemas dan depresi dalam kehidupan sehari-hari? Jangan takut dan malu, gejala cemas dan depresi bisa terjadi kepada setiap orang termasuk saya sendiri. Gejala-gejala cemas dan depresi adalah gejala yang bisa terjadi pada siapa saja dan pada usia berapapun. Kondisi ini bisa diadaptasi dengan baik oleh tubuh dan otak kita namun sering juga mengalami kesulitan adaptasinya. Manusia yang berhasil beradaptasi dengan baik akan mampu menjalani kehidupannya sehari-hari dengan baik, namun yang tidak akan mengalami penurunan kualitas hidup.
Melihat kenyataan bahwa kasus ini banyak terjadi di pelayanan primer, maka pada hari ini 13 Oktober 2012 di RS OMNI Alam Sutera diadakan seminar sehari yang ditujukan kepada dokter pelayan primer agar bisa mendeteksi dan menatalaksana dengan baik. Pembicara pada acara ini adalah dr.Eka Viora,SpKJ dari Pusat Intelejensia Kemenkes RI, dr. Rosmalia Suparso,SpKJ ketua PDSKJI cabang Banten dan saya sendiri sebagai Kepala Klinik Psikosomatik RS OMNI. Selain seminar juga terdapat diskusi interaktif untuk mendiagnosis dan menatalaksana kasus-kasus psikosomatik di pelayanan primer.
Antusiasme peserta sangat baik, ada 120 peserta yang ikut hadir dalam acara ini dan kesemuanya sangat baik dalam merespon materi dan pelatihan yang diberikan. Saya berharap acara ini akan menjadi sesuatu yang berguna untuk teman-teman dokter umum ketika menghadapi kasus psikosomatik.
Salam Sehat Jiwa


Tidak ada komentar: