Senin, 31 Januari 2011

Mengembangkan Psikosomatik di Fakultas Kedokteran

Saya baru saja mendapatkan kabar gembira di sela-sela bulan madu yang baru saja berlalu. Setelah mencoba 2 tahun berturut-turut dan gagal, tahun ini akhirnya saya berhasil mendapatkan bantuan funding dari Psychosomatic Medicine Interest Group (PMIG) American Psychosomatic Society (APS) di tempat saya bekerja di FK Ukrida.

Program ini ditujukan untuk para anggota APS yang menjadi dosen juga di Fakultas Kedokteran. Program ditujukan utk mahasiwa atau residen atau staff klinik. Tujuannya adalah untuk memperluas pemahaman ttg Psychosomatic Medicine. Bantuan selain berupa dana yang berjumlah 1000 USD, juga bantuan materi dan bimbingan dari para mantan presiden APS sesuai dengan permintaan saat melakukan aplikasi.
Pada saat pengajuan saya memberikan proposal untuk merencanakan program bagi mahasiswa saya. Program yang direncanakan adalah journal reading club setiap 2 minggu, pertemuan bulanan (minimal 6x dalam 1 tahun) dan beberapa program dari APS yang sudah ditentukan. Evaluasi dilakukan tiap semester dengan mengirimkan data perkembangan kepada APS.

Saya berharap dengan bantuan bimbingan dan pedoman langsung dari APS, saya bisa mengembangkan pemahaman lebih lagi tentang Psikosomatik khususnya di kalangan Mahasiswa Kedokteran yang memang merupakan tempat yang baik untuk mulai mengenal sesuatu. Semoga bantuan ini juga bukan hanya bermanfaat bagi saya dan fakultas tempat saya mengajar, tetapi juga bagi masyarakat umum nantinya.

Doakan saya agar dapat sukses mengawal program ini. Terima kasih.

Tidak ada komentar: