Sabtu, 01 Maret 2014

Update News : Dr.Andri Bergabung Ke Organisasi Gangguan Cemas dan Depresi Tingkat Internasional

Oleh : dr.Andri,SpKJ,FAPM (Psikiater,Psychosomatic Medicine Specialist)
Klinik Psikosomatik RS OMNI Alam Sutera

Saat memulai memfokuskan penanganan kasus psikosomatik di praktek sehari-hari saya telah mencoba untuk melihat dasar-dasar diagnosis pasien yang mengalami gejala-gejala psikosomatik. Setelah melewati 5 tahun perjalanan sebagai psikiater yang berfokus di penanganan kasus psikosomatik, akhirnya saya menyimpulkan bahwa kebanyakan masalah terkait dengan keluhan psikosomatik adalah Gangguan Cemas dan Depresi.

Gangguan cemas yang mempunyai banyak sub tipe seperti Gangguan Cemas Panik dan Gangguan Cemas Menyeluruh, dalam praktek sehari-hari lebih banyak ditemukan sebagai salah satu masalah terkait dengan gangguan psikosomatik. Pasien gangguan cemas hampir lebih dari 80 persen mengeluh keluhan fisik (psikosomatik) dan lebih dari separuhnya telah melewati berbagai macam pemeriksaan fisik yang hasilnya tidak mendukung masalah keluhan fisiknya.

Gangguan depresi walaupun lebih dikenal sebagai gangguan suasana perasaan (mood) sebenarnya juga tidak luput dari masalah keluhan fisik (psikosomatik). Lebih dari 50 persen pasien yang mengalami kesembuhan yang tidak sempurna, kebanyakan mengeluh keluhan fisik adalah keluhan yang tidak membaik seiring dengan perbaikan suasana perasaannya. Gangguan fisik terutama nyeri sering kali menjadi keluhan yang tidak banyak mengalami perubahan dalam perbaikan gangguan depresi walaupun itu merupakan keluhan yang tidak terpisahkan sebenarnya.

Untuk itulah mulai tahun kelima setelah mendapatkan pengakuan sebagai Fellow of Academy of Psychosomatic Medicine (FAPM) dari Academy of Psychosomatic Medicine di Amerika, saya mencari juga organisasi yang bisa membuat saya lebih mendalami lagi aspek-aspek dari masalah psikosomatik yang terkait ke gangguan kejiwaan terutama cemas dan depresi. Beruntungnya hasil pencarian ini mencapai titik temu. Sejak Januari 2014 saya aktif untuk melihat dan mempelajari organisasi Anixety and Depression Association of America (ADAA). Organisasi ini ditujukan untuk para pasien dan profesional. Berbeda dengan organisasi APM yang lebih ditujukan khusus kepada profesional medis khususnya psikiater yang bergerak di bidang Psikosomatik Medis. Niat bergabung saya di ADAA ini bertujuan untuk mendapatkan informasi yang menyeluruh bukan hanya dari kalangan praktisi klinis, namun juga dari para peneliti dan profesional lain di bidang gangguan kecemasan dan depresi. Tujuan akhirnya adalah agar mendapatkan pemahaman yang semakin menyeluruh akan penyakit jiwa yang disebut Gangguan Depresi dan Gangguan Cemas ini.

Semoga keikutsertaan saya dalam organisasi ini menambah pengetahuan agar mampu berbuat lebih baik lagi untuk pasien-pasien saya. Mohon doa dan dukungannya. Salam Sehat Jiwa


Tidak ada komentar: